Widiatmika School



Sat, 30 Oct 2021

Wakili Indonesia sebagai Peserta PISA 2022, SMA Widiatmika Siap Jalani Asesmen


BOGOR - SMA Widiatmika terpilih menjadi sekolah yang akan mewakili Indonesia dalam penilaian PISA (Programme for International Student Assessment/Program Penilaian Pelajar Internasional) pada 2022 mendatang. PISA merupakan penilaian tingkat dunia yang dihelat tiga tahun sekali, hasil inisiasi Organisation for Economic Co-operation and Development (OECD) guna melihat sejauh mana siswa di negara-negara maju dan berkembang telah memperolehnya kemahiran yang tepat dalam membaca, menghitung, serta menguasai ilmu-ilmu pengetahuan lain.

 

Sebagai bentuk persiapan, SMA Widiatmika mengirim dua orang gurunya dalam kegiatan pendampingan persiapan pelaksanaan PISA Angkatan I oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi di Bogor, Jawa Barat. Dua guru tersebut yaitu Niputu Bela Fitrianiayuningsih, S.Pd. selaku guru mata pelajaran matematika dan Ni Luh Putu Suriyatmini, S.Pd., guru mata pelajaran biologi.

 

"Di sana kami diperkenalkan soal PISA sebagai asesmen internasional. Kami juga diajarkan bagaimana menggunakan aplikasi yang digunakan nantinya, dan fokus membahas konten soal-soal PISA," ujar Bela ketika dihubungi pada Sabtu (30/10/2021).

 

"Selain itu juga kami di sana belajar tentang micro-learning. Kami diberi tanggung jawab untuk ke depannya dan kami akan berkoordinasi dengan kepala sekolah," lanjutnya.

 

Nantinya, Bela dan Suryatmini bertugas untuk mengimbaskan pengetahuan mereka soal PISA kepada para pendidik, tenaga kependidikan, serta para murid yang akan menjalani asesmen tersebut.

 

Bela menyebut, SMA Widiatmika siap untuk menghadapi PISA 2022 dan melihat hal ini sebagai kesempatan emas. Terlebih, selain SMA Widiatmika, hanya ada dua sekolah lain perwakilan provinsi Bali, dan sekitar 400 sekolah lain seantero Indonesia yang terpilih sebagai peserta PISA 2022.

 

"Tentu masih ada banyak yang harus dikerjakan, apalagi dengan usia SMA Widiatmika yang baru berdiri kurang lebih tiga tahun. Kami merasa bersyukur sekali bisa jadi bagian dari pelaksanaan PISA, sehingga bisa berkolaborasi supaya peringkat Indonesia lebih baik ketika nanti berlomba dengan negara lain," ucap Bela.

 

"Dari segi persiapan soal, teknik menjawab, murid-murid sudah ada bayangan. Pada 2020, saya sempat ikut pelatihan PISA secara daring, dan sudah beberapa siswa yang sempat saya imbaskan. Sebelumnya, SMA Widiatmika juga sudah melalukan asesmen nasional yang soalnya tidak berbeda jauh dengan PISA," ungkapnya. 

 

___

Baca berita lainnya di sini


BROSUR & FORMULIR PENDAFTARAN


  • PAUD/Kindergarden Widiatmika

  • SD/Elementary Widiatmika

  • SMP/Junior Widiatmika

  • SMA/Senior Widiatmika

  • SMK/Vocational Widiatmika