Widiatmika School



Fri, 29 Oct 2021

Latih Siswa Mandiri dan Siap Kerja, SMK Widiatmika Rancang Program 50 Guru Tamu


JIMBARAN - SMK Widiatmika siap menyelenggarakan program Guru Tamu secara berkelanjutan, demi mengasah kemampuan dan wawasan para murid. Koordinator Program Guru Tamu SMK Widiatmika, Ni Putu Intan Pradnya Parmita, S.Pd., menyebut bahwa program ini mulai berlangsung tahun ini dan akan terus berlanjut sesuai arahan Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Tekonologi, dan Pendidikan Tinggi.

 

"Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi menyebut ada delapan plus satu link and match tentang keterlibatan dunia kerja di segala aspek penyelenggaraan pendidikan vokasi. Salah satu syarat terciptanya link and match antara vokasi dengan dunia industri adalah pihak industri wajib memberikan guru tamu," ungkap Intan pada Kamis (28/10/2021).

 

"Melalui program pembelajaran ini, para siswa akan diajar oleh instruktur yang berasal dari luar instansi sekolah, misalnya dari dunia usaha maupun dunia industri," sambungnya.

Intan menjelaskan, program yang telah terlaksana beberapa kali sebelumnya ini akan dibuat menjadi rutin dan berkala, yakni dua kali dalam sebulan. Guru Tamu telah menjadi program wajib serta merupakan salah satu komponen penilaian bagi para murid SMK Widiatmika. Adapun guru-guru yang dihadirkan harus menguasai materi secara intelektual serta nilai-nilai dan perilaku dalam dunia kerja yang ia geluti. Misalkan, ujar Intan, pengusaha yang bergerak di bidang digital printing and advertising memberikan materi tentang desiain grafis percetakan. Contoh lain, pekerja animasi membagikan materi cara dan tips menciptakan gambar atau video animasi menggunakan perangkat lunak tertentu kepada para murid. Setiap kali sesi pembelajaran dengan guru tamu berakhir, akan ada proyek untuk setiap murid berkaitan dengan materi yang didiskusikan.

 

Dalam setiap semester, SMK Widiatmika mantap akan menghadirkan sedikitnya 50 guru tamu. Harapannya, kelak sistem pembelajaran di sekolah dapat selaras dengan model dunia kerja. Terlebih, lulusan pendidikan vokasi memang diarahkan agar cepat terserap ke dunia industri.

 

“Selain bermanfaat untuk membuka wawasan siswa tentang dunia industri yang ingin mereka geluti, program guru tamu ini juga akan melengkapi ilmu yang telah mereka peroleh di sekolah,” jelasnya.

____

Baca berita lainnya di sini


BROSUR & FORMULIR PENDAFTARAN


  • PAUD/Kindergarden Widiatmika

  • SD/Elementary Widiatmika

  • SMP/Junior Widiatmika

  • SMA/Senior Widiatmika

  • SMK/Vocational Widiatmika