Widiatmika School



Wed, 21 Sep 2022

Kuatkan Program Literasi, SD Widiatmika Kini Miliki Perpustakaan Digital


JIMBARAN - Sekolah Dasar WIDIATMIKA kini memiliki perpustakaan digital bernama PerpusKita atau Perpustakaan Digital SD Widiatmika. Perpustakaan digital ini sudah diluncurkan pada awal tahun ajaran baru 2022/2023, tepatnya pada bulan Agustus 2022 lalu. 

 

Adapun tujuan dari perpustakaan digital ini adalah untuk menguatkan literasi para peserta didik.

 

Kepala SD Widiatmika, Putu Edi Purwanta mengatakan bahwa perpustakaan digital ini berbasis aplikasi yang bisa diunduh di Playstore maupun Appstore.

 

“Pada prinsipnya dengan perpustakaan digital ini, anak bisa belajar dari sumber manapun dengan adanya dunia digital ini,” kata Edi.

 

Edi juga menambahkan bahwa perpustakaan digital ini menjadi pelengkap perpustakaan fisik yang ada di sekolah. Koleksi bukunya pun beragam. Sehingga para siswa bisa membaca buku dimanapun meski sedang libur sekolah.

 

“Mereka bisa membaca kapan saja, baik di rumah, sambil jalan-jalan maupun saat libur,” katanya.

 

Untuk menggunakan PerpusKita, peserta didik wajib mengunduh dan memasang aplikasi ini pada ponsel mereka masing-masing. Selanjutnya, petugas perpustakaan sekolah akan membantu para peserta didik untuk membuat akun.

 

“Setiap siswa dibuatkan akun beserta password oleh petugas perpustakaan. Setelah memiliki akun mereka bisa masuk dan meminjam buku di PerpusKita,” katanya.

 

Saat ini, Ada 178 judul buku dengan berbagai disiplin ilmu yang disediakan pada aplikasi ini. Peserta didik dapat meminjam maksimal tiga buku dengan durasi waktu tujuh hari. Dengan penerapan PerpusKita, pihaknya juga berencana mencari duta literasi.

 

Edi menyampaikan, indikatornya dapat dilihat dari seberapa sering peserta didik itu mengunjungi perpustakaan dan meminjam buku, baik melalui perpustakaan sekolah maupun perpustakaan digital

 

Selain itu, Sekolah Dasar Widiatmika juga membuat program apresiasi kepada peserta didik yang lolos dalam seleksi resensi buku yang dibacanya. Dalam hal ini, setiap peserta didik diminta untuk membuat resensi dari buku yang dibaca setiap bulannya.

 

“Kami akan memilih resensi atau ringkasan buku yang terbaik tersebut untuk diberikan apresiasi atau penghargaan,” katanya.

 

___ 

Baca berita lainnya di sini

 


BROSUR & FORMULIR PENDAFTARAN


  • PAUD/Kindergarden Widiatmika

  • SD/Elementary Widiatmika

  • SMP/Junior Widiatmika

  • SMA/Senior Widiatmika

  • SMK/Vocational Widiatmika