Widiatmika School



Tue, 12 Jul 2022

MPLS SD Widiatmika, Momen untuk Menyongsong Kurikulum Merdeka


MANGUPURA – Seluruh siswa SD Widiatmika dari kelas I hingga kelas VI mengikuti kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) tahun ajaran 2022/2023. Kegiatan ini mengangkat tema Anak Cerdas Berkarakter (AceKa) dan digelar pada 11 – 15 Juli 2022.

 

Kepala SD Widiatmika, Putu Edi Purwanta mengatakan sebenarnya, MPLS ini adalah panduan untuk kelas I saja. Namun, program ini kemudian dirancang untuk semua tingkatan.


“Pelaksana MPLS ini mengikuti kalender akademik dan kalender pendidikan. Adapun pelaksanaannya hingga hari Jumat,” kata Edi.


Kegiatan ini merupakan proses pengenalan program-program sekolah dan merupakan langkah menyongsong kurikulum merdeka.


“Kita manfaatkan MPLS ini sebagai saat asesmen diagnostik menyongsong kurikulum merdeka,” katanya.


Para siswa kelas I diajak untuk memperkenalkan diri dan pengenalan lingkungan sekolah. Juga ada kegiatan keagamaan bersama, memperkuat profil pelajar Pancasila, refleksi dongeng, senam bersama, sosialisasi pemilahan sampah, hingga asesmen diagnostik.


Pada siswa kelas II, mereka akan bercerita tentang pengalaman liburan sekolah, melakukan program literasi membaca cerita, mendapat seminar perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS), melakukan kegiatan keagamaan, melakukan pemilahan sampah, menyimak dongeng, hingga asesmen diagnostik.

 

Sementara itu, siswa kelas III akan diberikan materi kepemimpinan, mengikuti seminar PHBS, mempelajari lagu daerah dan hymne Widiatmika, membuat dan menghias mading, serta melakukan kegiatan literasi dan numerasi.

 

Para siswa di kelas IV akan diajak untuk melakukan kegiatan keagamaan, melaksanakan kegiatan literasi dan numerasi, mendapat pelatihan trial coding, serta mendapat asesmen diagnostik.

 

Untuk siswa kelas V, mereka akan berkebun hidroponik, mendapat materi literasi dan numerasi, melakukan senam bersama, serta menjalankan program "dokter kecil" yang telah didesain oleh sekolah.

 

Terakhir untuk siswa kelas VI, mereka akan melakukan kegiatan keagamaan, mendapat materi literasi dan numerasi, melakukan senam bersama, dan berkebun hidroponik.

 

Edi berharap, kegiatan ini bisa mengenalkan karakter baik kepada siswa khususnya siswa kelas I dan bisa meneladani kakak kelasnya.

 

“Mereka akan mengenal karakter baik yang bisa mereka adaptasi, mengikuti kegiatan dan kebiasaan baik di lingkungan sekolah,” katanya.  

 

___

Baca berita lainnya di sini


BROSUR & FORMULIR PENDAFTARAN


  • PAUD/Kindergarden Widiatmika

  • SD/Elementary Widiatmika

  • SMP/Junior Widiatmika

  • SMA/Senior Widiatmika

  • SMK/Vocational Widiatmika