Widiatmika School



Fri, 23 Sep 2022

SMP Widiatmika Kini Miliki Perpustakaan Digital, Implementasi Sekolah Penggerak


JIMBARAN - SMP Widiatmika kini memiliki perpustakan digital yang bisa diakses oleh siswa secara gratis. Program ini diterapkan sejak Senin, 19 September 2022. Berbagai koleksi buku bacaan maupun buku pelajaran tersedia di perpustakaan digital ini. Untuk bisa mengakses, siswa hanya perlu mengunduh aplikasi Perpuskita di Playstore maupun Appstore.

 

Wakil Kepala Sekolah bidang Humas SMP Widiatmika, Grace Sidabutar mengatakan bahwa penerapan perpustakaan digital ini merupakan penunjang program literasi.

 

“Selain siswa datang ke perpustakaan sekolah dan membaca buku secara manual, mereka juga bisa membaca di perpustakaan digital ini,” kata Grace.

 
Dengan menggunakan perpustakaan digital, siswa bisa meminjam dan membaca buku dengan terlebih dahulu membuat akun lewat aplikasi. Petugas perpustakaan kemudian akan memberikan akses untuk akun tersebut.
 

Untuk saat ini, siswa hanya bisa meminjam satu buku dengan waktu peminjaman selama tujuh hari. Pada tahap awal penerapan, ada sebanyak 299 koleksi buku di perpustakaan digital SMP Widiatmika. Sementara jumlah penggunanya sebanyak 293 orang termasuk siswa maupun guru.

 

“Pelaksanaan perpustakaan digital ini akan terus digalakkan karena diharapkan dapat menumbuhkembangkan minat membaca atau habitus literasi siswa di SMP Widiatmika,” katanya.

 

Grace menambahkan, siswa yang aktif meminjam dan membaca buku akan mendapat penghargaan dari sekolah. Karena setiap buku yang dipinjam dan dibaca akan terekam secara otomatis dalam aplikasi ini.

 

“Sistemnya sama seperti di perpustakaan konvensional di sekolah, siswa yang aktif dan sering membaca maupun meminjam buku akan dapat penghargaan,” katanya.


Sementara itu, Kepala SMP Widiatmika, Agus Suastika Adiputra menambahkan, implementasi perpustakaan digital ini adalah esensi dari Sekolah Penggerak yakni memperbaiki hasil belajar siswa pada kompetensi literasi, numerasi, serta karakter.


“Dalam meningkatkan dan menguatkan program Program Literasi Digital Widiatmika maka kami pandang perlu untuk mengembangkan perpustakaan digital di SMP Widiatmika dalam memberikan kemudahan siswa mengakses perpustakaan sekolah,” katanya.

 

___

Baca berita lainnya di sini


BROSUR & FORMULIR PENDAFTARAN


  • PAUD/Kindergarden Widiatmika

  • SD/Elementary Widiatmika

  • SMP/Junior Widiatmika

  • SMA/Senior Widiatmika

  • SMK/Vocational Widiatmika