Widiatmika School



Sat, 27 Aug 2022

SMP Widiatmika Pamerkan Implementasi Kurikulum Merdeka dan Karya Inovatif Siswa di Badung Education Fair 2022


JIMBARAN – Sebagai sekolah penggerak Kabupaten Badung, SMP Widiatmika turut berpartisipasi dalam kegiatan Badung Education Fair 2022. Kegiatan ini digelar Gedung Balai Budaya Giri Nata Mandala, Puspem Badung.


Badung Education Fair 2022 ini digelar selama tiga hari yakni Kamis – Sabtu, 25 – 27 Agustus 2022. Dalam pameran ini, SMP Widiatmika menampilkan implementasi kurikulum merdeka dan karya inovatif para siswa.
 
Kepala SMP Widiatmika, Agus Suastika Adiputra mengatakan, implementasi kurikulum merdeka ini memiliki empat fokus utama.

 
Pada komponen pertama, SMP Widiatmika memamerkan kegiatan budaya sekolah dalam penerapan kurikulum merdeka. Ke-dua, pameran berfokus pada proses pembelajaran di SMP Widiatmika beserta hasil pembelajaran yang berupa produk. Ke-tiga, pameran berupa mplementasi projek profil pelajar Pancasila beserta hasilnya.


Sementara fokus ke-empat yakni berkaitan dengan ekstrakurikuler di SMP Widiatmika termasuk prestasi sekolah dalam pelaksanaan kurikulum merdeka.


Dalam pameran ini juga ditampilkan berbagai praktik baik guru-guru di SMP Widiatmika. Termasuk juga hasil Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan setiap tahun.


Salah satu yang menarik dari pameran ini, adalah hasil projek inovatif siswa berupa kain batik ikat. Namun ini bukan kain batik ikat biasa, karena dalam pewarnaannya menggunakan daun jati dan bunga telang.


Siswa juga mempresentasikan projek kain batik ikat dengan pewarna alami ini mulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan, hingga hasilnya.


“Kain batik ikat ini menjadi daya tarik tersendiri dalam pameran ini,” kata Agus.


Agus menambahkan para pengunjung pun sangat antusias dan tertarik dengan implementasi kurikulum merdeka di SMP Widiatmika. Bahkan guru-guru yang berkunjung ke pameran juga sekaligus berbagi tentang penerapan kurikulum merdeka.


Ia pun berharap agar pameran ini digelar secara rutin oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Badung karena sekolah bisa berbagi tentang praktik baik di masing-masing sekolah.

 
“Di sini juga ditampilkan hasil belajar anak-anak, karya anak-anak. Sehingga ini bisa menjadi contoh untuk dikolaborasikan di setiap sekolah peserta,” katanya.


Dengan adanya pameran yang berkelanjutan ini, Agus pun optimis generasi emas 2045 bisa diwujudkan.

 

___

Baca berita lainnya di sini


BROSUR & FORMULIR PENDAFTARAN


  • PAUD/Kindergarden Widiatmika

  • SD/Elementary Widiatmika

  • SMP/Junior Widiatmika

  • SMA/Senior Widiatmika

  • SMK/Vocational Widiatmika