Widiatmika School



Wed, 01 Dec 2021

Widifest, Festival untuk Rayakan Minat dan Bakat Pelajar Digelar Hari Ini


JIMBARAN - Selasa (1/12/2021), Widiatmika Junior High School Festival (Widifest) 2021 oleh SMP Widiatmika resmi dimulai. Widifest yang baru pertama kali dihelat tahun ini mengambil tema “Good Culture for a Better Future", atau "Budaya yang Baik untuk Masa Depan yang Lebih Baik". 

 

Festival ini akan berlangsung hingga Jumat (10/12/2021) nanti. Ada ragam mata acara yang bertujuan untuk melatih para siswa dan siswi budaya literasi, kreasi, inovasi, serta kesiapan dan pengalaman dalam mengembangkan bakat dan minatnya.

 

“Kegiatan Widifest diharapkan sebagai sarana dalam menumbuh kembangkan potensi yang dimiliki siswa dalam bidang akademik dan non akademik agar menjadi pribadi yang berpikir kritis dan memiliki analisis yang baik,” ujar Ketua Panitia Widifest 2021, Ni Luh Putu Reza Rosita.

 

Kegiatan ini selaras dengan esensi program Merdeka Belajar yang digagas Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia. Reza menilai, upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia dalam menghadapi era revolusi industri 4.0 dapat diwujudkan melalui kebijakan merdeka belajar.

 

“Merdeka belajar adalah upaya sadar pemerintah dalam memberikan kesempatan kepada siswa untuk berani berkreasi dan berinovasi berdasarkan kemampuan dan minat yang mereka miliki,” kata Reza.

 

“Upaya sadar yang dilakukan sekolah sebagai fasilitator untuk menumbuhkembangkan minat dan kemampuan siswa, merupakan hal yang harus dioptimalkan dewasa ini,” imbuhnya.


Di sisi lain, Widifest 2021 juga diharapkan dapat menumbuhkan rasa kekeluargaan di antara civitas akademika SMP Widiatmika.

 

Adapun kegiatan-kegiatan yang akan diadakan dalam Widifest 2021 antara lain:


1. Panen hasil Project-Based School (PjBS)

Kegiatan berbentuk penghargaan dalam pembuatan Project sederhana dengan mengambil salah satu topik dari 4 bidang ilmu. 4 bidang ilmu yang dimaksud yakni Science, Art, Technology, dan Entrepreneur yang diikuti oleh seluruh siswa kelas 7, 8, dan 9 di SMP Widiatmika.

 

2. Program Literasi Digital Widiatmika (Proligika)

Proligika merupakan program literasi digital sekolah dengan tujuan untuk menumbuhkembangkan budaya literasi pada ekosistem pendidikan mulai dari keluarga, sekolah, dan masyarakat dalam rangka pembelajaran sepanjang hayat sebagai upaya meningkatkan kualitas hidup.

 

3. Seminar Profil Pelajar Pancasila

Bertujuan untuk menguatkan nilai-nilai luhur Pancasila sebagai nilai-nilai yang mengatur perilaku bangsa, sekaligus sebagai arah yang memandu perkembangan diri dan penguatan kemampuan atau kompetensi seluruh pelajar di tanah air.

 

4. Kelas Inspirasi

Tokoh-tokoh inspirasi memang sangat diperlukan dalam menginspirasi siswa-siswi SMP Widiatmika. Kelas inspirasi ini bertujuan untuk membantu dan mengarahkan siswa-siswi untuk menumbuhkan bakat yang dimiliki sehingga melalui kelas inspirasi ini dapat dijadikan bekal dalam meraih cita-cita. Ada dua kelas dalam Widifest kali ini yakni pembuatan selai dan seminar kesehatan gigi. 

 

5. Kilas Sejarah

Tayangan film seputar sejarah memang sangat dibutuhkan untuk mengembalikan jiwa pancasila dan kebhinekaan Bangsa Indonesia. Kegiatan kilas sejarah yaitu kegiatan untuk menumbuhkan kembali rasa cinta tanah air, mengobarkan semangat nasionalisme, mengenang jasa para pahlawan, menghidupkan jiwa rasa patriotisme, dan bangga menjadi Bangsa Indonesia.

 

6. Turnamen futsal Widiatmika Sport Competition

Kegiatan Widiatmika Sport Competition ini merupakan program OSIS Bidang 7. Kegiatan ini bertujuan untuk menggali potensi siswa-siswi Widiatmika khususnya di bidang olahraga. 

 

7. Mobile Legends Bang Bang Tournament WSC

E-sports layak menjadi sebuah cabang olahraga karena menggunakan tenaga manusia berupa kecepatan, ketangkasan, dan strategi seperti pada olahraga umumnya," kata Ketua Harian PB ESI Bambang Sunarwibowo, seperti diberitakan Kompas.com, 27 Agustus 2020. Hal ini lah yang menjadi dasar pemikiran tentang kegiatan yang akan dilakukan dalam widifest. Sebagai sarana pengembangan kompetensi siswa-siswi berdasarkan minat dan keinginan.

 

8. Pameran dan Pentas Seni

Pameran seni sebagai wadah pertunjukan hasil karya siswa serta sebagai bentuk apresiasi karya siswa yang akan menumbuh kembangkan minat dan kepercayaan diri siswa dalam berkreasi. Sementara itu, kegiatan pentas seni akan menjadi sebuah ruang untuk peserta didik dalam menampilkan bakat-bakat seni anak-anak yang terdiri dari pementasan seni musik, seni suara, seni tari seni kriya dan kesenian lainnya.

 

9. Suksesi Pengurus OSIS

Kegiatan suksesi pengurus OSIS ditujukan untuk memperlancar pergantian kepengurusan organisasi. Kegiatan ini dibagi menjadi dua yaitu penerimaan pengurus baru dan pemilihan ketua OSIS baru. Dua kegiatan ini akan dilaksanakan secara terpisah.

 

___ 

Baca berita lainnya di sini


BROSUR & FORMULIR PENDAFTARAN


  • PAUD/Kindergarden Widiatmika

  • SD/Elementary Widiatmika

  • SMP/Junior Widiatmika

  • SMA/Senior Widiatmika

  • SMK/Vocational Widiatmika