Widiatmika School



Fri, 10 Jul 2020

Pengambilan Perlengkapan Siswa di Tahun Ajaran Baru, SD Widiatmika Terapkan Sistem Drive Thru


TRIBUN-BALI.COM, MANGUPURA - Sekolah Dasar (SD) Widiatmika terus melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 untuk mengurangi intensitas orangtua siswa berinteraksi dengan wali kelasnya.

Dimana di tahun ajaran baru 2020-2021 ini, pihak Sekolah memberikan layanan tanpa turun atau lebih dikenal drive thru kepada orangtua siswa dalam pengambilan perlengkapan sekolah di tahun ajaran baru.

“Sistem drive thru ini kan kita meniru layanan di restoran cepat saji yang ada drive thru nya. Kita undang orangtua kita bagi sesi pengambilannya selama 4 hari dan hari ini terakhir pengambilan untuk orangtua siswa kelas 5 dan 6,” jelas Kepala Sekolah SD Widiatmika, I Putu Edi Purwanta saat ditemui tribunbali.com, Jumat (10/7/2020) di Badung, Bali.

Ia menyampaikan, tujuan atau pun yang menjadi alasan dibuka pengambilan dengan sistem drive thru ini adalah karena kondisi pandemi Covid-19 sekarang tidak memungkinan mengumpulkan orang banyak dan tidak membuat kerumunan.

“Biasanya kita pembagian buku dan perlengkapan sekolah ini diawal tahun ajaran baru langsung ketemu dengan orang di dalam ruang kelas. Dan orangtua siswa dengan wali kelas bertemu langsung ada sering konsultasi saat itu ngobrol. Akhirnya kita pakai sistem ini karena menurut kami ini yang terbaik bisa bertemu orangtua wali dengan wali kelasnya dengan tetap menerapkan protokol kesehatan,” jelasnya.

Selama 4 hari itu dibagi pada dua sesi kelas, namun untuk siswa baru kelas 1 diundang pada hari pertama di hari Senin kemarin. Selanjutnya hari kedua untuk siswa kelas 2 seluruh rombel (rombongan belajar), ditambah setengah siswa dari seluruh kelas 3. Kemudian hari ketiga setengah kelas 3 ditambah  kelas 4 seluruh rombel, dan hari terakhir hari ini untuk kelas 5 dan kelas 6 seluruh rombel. Waktu pengambilan pun dibatasi mulai pukul 09.00 sampai 12.00 Wita dan orangtua siswa datang ke sekolah diminta menggunakan sepeda motor karena sistem drive thru tersebut mobil tidak bisa masuk. Sehingga jika orang tua siswa membawa mobil tentu turun dari mobil dan berjalan kaki menuju drive thru tersebut. Sebelum masuk ke lingkungan sekolah, orangtua siswa akan dicek terlebih dahulu suhu tubuhnya menggunakan thermogun.

Selain perlengkapan sekolah di tahun ajaran baru seperti buku-buku pelajaran siswa dan lain-lain, pihaknya juga memberikan sebuah kuosioner yang wajib diisi orangtua siswa. Kuosioner tersebut berisi surat pernyataan apakah akan memilih melanjutkan sistem pembelajaran dengan daring atau online, atau memilih sistem pembelajaran tatap muka.

“Kalau sesuai dengan arahan Kemendikbud untuk SD paling cepat itu bulan September baru bisa pembelajaran tatap buka. Nah kita berikan kuosioner kepada orang tua siswa bagaimana pilihannya mereka siap atau tidak pembelajaran tatap muka atau memilih tetap melanjutkan pembelajaran daring,” imbuh Edi Purwanta.

Hasil kuosioner itu tidak jadi acuan kita nanti jika di bulan September dimulai pembelajaran tatap muka sesuai arahan Kemendikbud. Tetapi kuosioner itu juga ada surat pernyataan jika memilih pembelajaran tatap muka mereka harus menyiapkan sejumlah perlengkapan standar protokol kesehatan seperti masker dan faceshield untuk anaknya yang akan belajar. Untuk yang memilih tetap melanjutkan pembelajaran secara online tetap difasilitasi oleh kami dan tidak menjadi masalah karena itu pilihan orang tua siswa sendiri.

“Kalau mereka memilih pembelajaran tatap muka harus siap dengan syarat-syaratnya (melengkapi anaknya dengan masker dan faceshield). Jika memilih dengan daring mereka juga harus siap dengan syarat-syarat yang kita berikan. Kita meminta mereka memilih satu opsi yang terbaik untuk anak-anaknya. Kita fasilitasi pilihan orangtua,” imbuh Edi Purwanta.

Untuk ajaran baru 2020-2021 sendiri akan dimulai tanggal 13 Juli mendatang namun masih dengan sistem pembelajaran daring atau online sambil menunggu keputusan dari Kemendikbud.(*).

_____
Artikel ini telah tayang di tribun-bali.com dengan judul Pengambilan Perlengkapan Siswa di Tahun Ajaran Baru, SD Widiatmika Terapkan Sistem Drive Thru, https://bali.tribunnews.com/2020/07/10/pengambilan-perlengkapan-siswa-di-tahun-ajaran-baru-sd-widiatmika-terapkan-sistem-drive-thru.

Penulis: Zaenal Nur Arifin
Editor: Putu Dewi Adi Damayanthi


BROSUR & FORMULIR PENDAFTARAN


  • PAUD/Kindergarden Widiatmika

  • SD/Elementary Widiatmika

  • SMP/Junior Widiatmika

  • SMA/Senior Widiatmika

  • SMK/Vocational Widiatmika