“Berkarakter, Kompetitif dan Terampil Menuju Generasi yang Teknohumanistik”.
Indikator Visi:
Terwujudnya peserta didik yang berkarakter sesuai dengan Profil Pelajar Pancasila.
Terwujudnya peserta didik yang berprestasi dalam bidang akademik dan nonakademik
Terwujudnya peserta didik yang memiliki keterampilan abad 21
Terwujudnya peserta didik yang teknohumanistik
MISI SMA WIDIATMIKA
Mengacu pada indikator visi nomor 1, misi yang ingin dicapai adalah sebagai berikut.
Melaksanakan kegiatan penguatan karakter “Beriman, Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan Berakhlak Mulia” sesuai Profil Pelajar Pancasila dengan kegiatan sebagai berikut.
Berdoa bersama pada saat kegiatan sekolah
Melaksanakan penataan lingkungan dengan konsep Tri Hita Karana:
Adanya tempat beribadah yang bersih dan nyaman
Adanya hubungan antarmanusia yang harmonis dengan melaksanakan program suka/duka bagi warga sekolah
Adanya penataan lingkungan yang aman, sejuk, rindang, dan indah (ASRI)
Melaksanakan kegiatan hari raya agama , miniman 1 hari raya per agama.
Melaksanakan sholat Jumat.
Melaksanakan Tirta Yatra.
Melaksanakan kegiatan penguatan karakter “Mandiri” dan “Bergotong royong” sesuai dengan Profil Pelajar Pancasila dengan kegiatan seperti:
Melaksanakan kegiatan pembersihan kelas sebelum pulang
Melaksanakan Jumat Bersih
Membudayakan pengolahan sampah/limbah di lingkungan sekolah
Melaksanakan kegiatan penguatan karakter “Berkebhinnekaan global” sesuai dengan Profil Pelajar Pancasila dengan kegiatan sebagai berikut.
Melaksanakan hari besar nasional
Melaksanakan upacara bendera setiap hari Senin dan hari besar nasional
Menyanyikan lagu wajib nasional sebelum memulai kegiatan pembelajaran
Melaksanakan Nihon go no Shuu tiap hari Rabu, Base Bali Aminggu, English Week setiap hari Jumat secara efektif
Melaksanakan Nihon go no Shuu tiap hari Rabu, Base Bali Aminggu, English Week tiap hari Jumat secara efektif
Melaksanakan kegiatan dengan tema kearifan lokal.
Melaksanakan kantin kejujuran
Melaksanakan kegiatan sosial
Melaksanakan kegiatan penguatan karakter “Bernalar Kritis” sesuai dengan Profil Pelajar Pancasila dengan kegiatan sebagai berikut.
Melaksanakan membaca 15 menit.
Melaksanakan penguatan kompetensi guru dalam pembelajaran berbasis literasi dan numerasi melalui pelatihan workshop guru
Melaksanakan penguatan literasi dan numerasi kepada siswa dengan program pembelajaran dan penilaian model PISA dan AKM.
Membimbing pelajar menghasilkan suatu karya ilmiah yang orisinil, dapat dipertanggungjawabkan dan tepat guna
Melaksanakan kegiatan penguatan karakter “Kreatif” sesuai dengan Profil Pelajar Pancasila dengan kegiatan sebagai berikut.
Menggelar pameran karya seni digiital Non Fungibel Token (NFT)
Melaksanakan kegiatan Gelar Aksi Widiatmika (GAW) tingkat SMP se-Kabupaten Badung.
Mengacu pada indikator visi nomor 2, misi yang ingin dicapai adalah sebagai berikut.
Pemenuhan kualifikasi pendidik minimal S1, minimal 20% S2, dan tenaga kependidikan minimal SMA/SMK sederajat
Melaksanakan review kurikulum secara berkesinambungan
Melaksanakan dan mengikuti workshop tentang pembelajaran
Melaksanakan konsep belajar tuntas (Mastery Based Learning)
Melaksanakan ekstrakurikuler akademik dan nonakademik
Melaksanakan pembinaan lomba atau olimpiade akademik (Matematika, Fisika, Kimia, Biologi, Astronomi, Geografi, Akuntansi, Bahasa dan Sastra) secara efektif dan berkesinambungan
Melaksanakan pembinaan lomba atau olimpiade nonakademik (olahraga dan seni) secara efektif dan berkesinambungan melalui program bimbingan prestasi (Bimpres)
Mengacu pada indikator visi nomor 3, misi yang ingin dicapai adalah sebagai berikut.
Mengembangkan sikap kritis, kreatif, komunikatif, dan kolaboratif melalui intrakurikuler dan projek profil pelajar Pancasila
Melaksanakan kunjungan belajar di luar sekolah melalui program outing class di dalam daerah dan study tour di luar daerah
Mengacu pada indikator visi nomor 4, misi yang ingin dicapai adalah sebagai berikut.
Menggunakan media pembelajaran berbasis teknologi informasi
Pembiasaan positive users dalam teknologi
Kegiatan pembelajaran terintegrasi dengan teknologi informasi