Widiatmika School

SMP WIDIATMIKA

Visi & Misi

VISI, MISI, DAN TUJUAN SMP WIDIATMIKA

 

A. Visi Sekolah

"Cerdas dan Berkarakter Sesuai dengan Dimensi Profil Lulusan"

 

Indikator Visi

  1. Terwujudnya prestasi dalam bidang akademik dan nonakademik.
  2. Terwujudnya siswa yang memiliki keterampilan abad 21.
  3. Terwujudnya perilaku siswa sebagai pelajar sepanjang hayat yang berkarakter dan berbudi pekerti luhur.
  4. Terwujudnya lulusan yang mengedepankan nilai-nilai 8 Dimensi Profil Lulusan antara lain:
  1. Keimanan dan ketakwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa;
  2. Kewarganegaraan;
  3. Penalaran kritis;
  4. Kreativitas;
  5. Kolaborasi;
  6. Kemandirian;
  7. Kesehatan; dan
  8. Komunikasi.

 

B. Misi Sekolah

Dalam mewujudkan visi di SMP Widiatmika maka dirancang indikator misi antara lain:

B.1 Mewujudkan prestasi dalam bidang akademik dan nonakademik.

  1. Pemenuhan kualifikasi pendidik minimal S1, minimal 20% S2, dan tenaga kependidikan minimal SMA/SMK sederajat.
  2. Melaksanakan review kurikulum secara berkesinambungan.
  3. Melaksanakan dan mengikuti workshop berbasis MGMP tentang Capaian Pembelajaran (CP), Alur Tujuan Pembelajaran (ATP).
  4. Menyusun dan melaksanakan kegiatan Profil Siswa dalam mendukung pembelajaran berdiferensiasi.
  5. Melaksanakan dan mengikuti workshop tentang pendekatan pembelajaran mendalam.
  6. Melaksanakan pembelajaran dengan pendekatan konstruktivisme (interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi, serta memberikan ruang bagi prakarsa kreativitas dan kemandirian).
  7. Melaksanakan kegiatan pada Komunitas Belajar Widya Bakti secara konsisten dalam mewujudkan pembelajaran paradigma baru melalui kegiatan “Ngopi Senja” (Ngobrol Pintar Selasa dan Jumat).
  8. Melaksanakan konsep belajar tuntas (Mastery Based Learning).
  9. Melaksanakan penilaian autentik (Tes tulis, Tes lisan, Penugasan, Projek, Praktik, Produk, dan Portofolio).
  10. Melaksanakan Program Remedial dan Pengayaan secara efektif.
  11. Melaksanakan kegiatan Asesmen Nasional (AN) secara berkesinambungan.
  12. Memanfaatkan hasil Asesmen Nasional (AN) dalam bentuk Rapor Pendidikan sebagai acuan pengembangan sekolah.
  13. Melaksanakan kegiatan Ujian Sekolah (US) secara konsisten.
  14. Melaksanakan kegiatan pelatihan dan penyusunan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan publikasi jurnal ilmiah.
  15. Melaksanakan kegiatan penyusunan Praktik Baik dalam pengimplementasian Pembelajaran Mendalam dan Kegiatan Kokurikuler untuk memperkuat Dimensi Profil Lulusan.
  16. Menyusun dan melaksanakan kegiatan Gerakan Literasi Sekolah (GLS).
  17. Melaksanakan workshop pelatihan pengimplementasian pembelajaran numerasi pada setiap mata pelajaran.
  18. Melaksanakan bimbingan dan konseling secara aktif dan efektif.
  19. Melaksanakan ekstrakurikuler akademik, non akademik, dan krida secara konsisten.
  20. Melaksanakan pembinaan lomba atau olimpiade akademik (Matematika, IPA, IPS, Bahasa dan Sastra) secara efektif dan berkesinambungan.
  21. Melaksanakan pembinaan lomba atau olimpiade nonakademik (Olahraga dan Seni) secara efektif dan berkesinambungan.
  22. Mengikuti lomba akademik dan atau nonakademik yang diselenggarakan oleh pihak instansi pemerintah atau penyelenggara lomba.
  23. Melaksanakan lomba akademik dan atau nonakademik yang diselenggarakan oleh Sekolah (Bulan Bahasa, Bulan Bahasa Bali, Jimbaran Education Festival).
  24. Melaksanakan Kegiatan Kelas Inspirasi.
  25. Melaksanakan Kegiatan Meet Parents setiap tahunnya.
  26. Melaksanakan pengadaan dan pemeliharaan sarana dan prasarana penunjang pembelajaran.
  27. Melaksanakan kegiatan supervisi dan pengawasan pembelajaran secara berkesinambungan.
  28. Melaksanakan pengelolaan sekolah berbasis data.
  29. Melaksanakan Kegiatan Penilaian (Formatif dan Sumatif) menggunakan LMS.


B.2 Mewujudkan siswa yang memiliki keterampilan abad 21.

  1. Melakukan kegiatan belajar mengajar dengan mengembangkan sikap kritis, kreatif, kolaboratif, dan komunikatif.
  2. Melakukan kegiatan belajar mengajar dengan mengintegrasikan literasi dan numerasi.
  3. Melakukan kegiatan belajar mengajar dengan menumbuhkan pendidikan karakter yang mandiri, bertanggung jawab, kritis, inovatif, beretika dan sopan santun.
  4. Membuat dan melaksanakan Program Podium Widiatmika Merdeka Berbicara (PWMB) pada kegiatan “Afirmasi Pagi”.
  5. Melaksanakan penerapan Bahasa Bali, Bahasa Inggris, dan Bahasa Jepang dalam kegiatan “Afirmasi Pagi” secara efektif.
  6. Melaksanakan kunjungan belajar di luar sekolah melalui program outing class di dalam daerah untuk kelas 7, study tour di luar daerah untuk kelas 8.
  7. Melaksanakan kegiatan dan pameran hasil karya Project Based School (PjBS) untuk seluruh peserta didik.
  8. Melaksanakan kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS).
  9. Melaksanakan Kegiatan Pameran Kewirausahaan Siswa (Students Creative Expo).
  10. Melaksanakan kegiatan Podcast secara konsisten.

B.3 Mewujudkan perilaku siswa yang berkarakter dan berbudi pekerti luhur.

  1. Melaksanakan kegiatan keagamaan secara rutin sebagai dasar pembentukkan karakter religius sebagai berikut.
    1. Berdoa bersama pada saat kegiatan sekolah.
    2. Mejaya-jaya untuk peserta didik kelas 7.
    3. Sembahyang saat Purnama dan Tilem.
    4. Sembahyang bersama dalam pelaksanaan Hari Raya Saraswati.
    5. Melaksanakan Sholat Jumat.
    6. Melaksanakan perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW.
    7. Melaksanakan perayaan Hari Natal.
    8. Melaksanakan perayaan Hari Imlek.
    9. Melaksanakan perayaan Hari Waisak.
    10. Melaksanakan Tirta Yatra.
    11. Melaksanakan Kirab Budaya.
    12. Melaksanakan kegiatan Bulan Bahasa Bali.
  2. Melaksanakan kegiatan yang menumbuhkan karakter nasionalis, integritas, mandiri, dan gotong royong.
    1. Melaksanakan upacara bendera setiap hari Senin dan hari besar nasional.
    2. Menyanyikan lagu wajib nasional sebelum memulai kegiatan pembelajaran.
    3. Melaksanakan kegiatan pembersihan kelas sebelum pulang.
    4. Melaksanakan kantin kejujuran.
    5. Pembinaan kelompok-kelompok organisasi (OSIS, Pramuka, PMR, dan KSPAN).
    6. Melaksanakan Kegiatan hari HIV-AIDS se-dunia.
    7. Melaksanakan kegiatan Hari PMI.
    8. Melaksanakan kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS).
    9. Mensosialisasikan peraturan sekolah secara lisan dan tulisan.
    10. Melaksanakan penegakan disiplin secara berkesinambungan.
    11. Menyusun dan melaksanakan program Widiatmika Bebas Bullying.
    12. Pemberlakuan sanksi sesuai dengan peraturan yang berlaku.
    13. Melaksanakan kegiatan Bakti Sosial.
    14. Melaksanakan kegiatan Peringatan Hari Besar Nasional (HUT Kemerdekaan Republik Indonesia, Sumpah Pemuda, Hari Pahlawan, HUT PGRI, Hari Lahir Pancasila, Hari Kartini).
    15. Melaksanakan kegiatan Perkemahan Jumat-Sabtu (Perjusa).
    16. Melaksanakan kegiatan Penyuluhan yang bekerja sama dengan instansi pemerintah (Kepolisian, Puskesmas, BNPB dan BNN).
    17. Melaksanakan kegiatan pemenuhan pembelajaran bagi siswa yang tidak hadir ke sekolah atau tidak mengikuti kegiatan pembelajaran dengan alasan sakit, ijin, dan lain sebagainya
  3. Melaksanakan penataan lingkungan dengan konsep Tri Hita Karana.
    1. Adanya tempat beribadah yang menunjang pelaksanaan ibadah keagamaan di lingkungan sekolah.
    2. Adanya hubungan antarmanusia yang harmonis dengan melaksanakan program suka duka bagi warga sekolah.
    3. Mewujudkan lingkungan belajar yang nyaman, peduli, dan kesetaraan gender dalam proses pembelajaran.
    4. Adanya penataan lingkungan sekolah yang aman, sejuk, rindang, dan indah (ASRI) dalam menunjang pembelajaran (kebun kelas).


B.4 Mewujudkan pendidikan yang mengedepankan nilai-nilai 8 Dimensi Profil Lulusan

  1. Melaksanakan kegiatan Kokurikuler untuk seluruh peserta didik yang dikoordinir oleh Tim Kokurikuler sesuai dengan kesepakatan yang telah ditentukan.
  2. Mengintegrasikan nilai 8 Dimensi Profil Lulusan dalam perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan penilaian.
  3. Mengintegrasikan nilai Dimensi Profil Lulusan dalam kegiatan pembiasaan rutin sekolah dan budaya sekolah.
  4. Melaksanakan kegiatan Jimbaran Education Festival (JEF).
  5. Melaksanakan sosialisasi untuk meningkatkan pengalaman peserta didik akan bahaya dan dampak terkait rokok, minuman keras, dan narkoba.

 

C. Tujuan Sekolah

Tujuan pendidikan pada SMP Widiatmika adalah langkah untuk mewujudkan visi sekolah dalam jangka waktu tertentu. Pada tahun pelajaran 2025/2026 mencanangkan tujuan pendidikan yang diharapkan antara lain sebagai berikut.

 

C.1 Terwujudnya prestasi dalam bidang akademik dan nonakademik

  1. Tercapainya pemenuhan kualifikasi pendidik minimal S1, minimal 20% S2, dan tenaga kependidikan minimal SMA/SMK sederajat.
  2. Tercapainya pelaksanaan review kurikulum secara berkesinambungan.
  3. Tercapainya pelaksanaan dan kegiatan workshop berbasis MGMP tentang Capaian Pembelajaran (CP), Alur Tujuan Pembelajaran (ATP).
  4. Tercapainya penyusunan dan pelaksanaan kegiatan Profil Siswa dalam mendukung pembelajaran berdiferensiasi.
  5. Tercapainya pelaksanaan dan kegiatan workshop tentang pendekatan pembelajaran mendalam.
  6. Tercapainya pelaksanaan pembelajaran dengan pendekatan konstruktivisme (interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi serta memberikan ruang bagi prakarsa kreativitas dan kemandirian).
  7. Melaksanakan kegiatan pada Komunitas Belajar Widya Bakti secara konsisten dalam mewujudkan pembelajaran paradigma baru melalui kegiatan “Ngopi Senja” (Ngobrol Pintar Selasa dan Jumat).
  8. Tercapainya pelaksanaan konsep belajar tuntas (Mastery Based Learning).
  9. Tercapainya pelaksanaan kegiatan penilaian autentik (Tes tulis, Tes lisan, Penugasan, Projek, Praktik, Produk, dan Portofolio).
  10. Tercapainya pelaksanaan Program Remedial dan Pengayaan secara efektif.
  11. Tercapainya pelaksanaan kegiatan Asesmen Nasional (AN) secara berkesinambungan.
  12. Tercapainya pemanfaatan hasil Asesmen Nasional (AN) dalam bentuk Rapor Pendidikan sebagai acuan pengembangan sekolah.
  13. Tercapainya pelaksanaan kegiatan Ujian Sekolah (US) secara konsisten.
  14. Tercapainya pelaksanaan kegiatan pelatihan dan penyusunan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan publikasi jurnal ilmiah.
  15. Tercapainya pelaksanaan kegiatan penyusunan Praktik Baik dalam pengimplementasian Pembelajaran Mendalam dan kegiatan Kokurikuler.
  16. Tercapainya penyusunan dan pelaksanaan kegiatan Gerakan Literasi Sekolah (GLS).
  17. Tercapainya pelaksanaan kegiatan workshop pelatihan pengimplementasian pembelajaran numerasi pada setiap mata pelajaran.
  18. Tercapainya pelaksanaan kegiatan bimbingan dan konseling secara aktif dan efektif.
  19. Tercapainya pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler akademik, non akademik, dan krida secara konsisten.
  20. Tercapainya pelaksanaan kegiatan pembinaan lomba atau olimpiade akademik (Matematika, IPA, IPS, Bahasa dan Sastra) secara efektif dan berkesinambungan.
  21. Tercapainya pelaksanaan kegiatan pembinaan lomba atau olimpiade nonakademik (Olahraga dan Seni) secara efektif dan berkesinambungan.
  22. Tercapainya keikutsertaan dalam kegiatan lomba akademik dan atau nonakademik yang diselenggarakan oleh pihak instansi pemerintah atau penyelenggara lomba.
  23. Tercapainya pelaksanaan kegiatan lomba akademik dan atau nonakademik yang diselenggarakan oleh Sekolah (Bulan Bahasa, Bulan Bahasa Bali, Jimbaran Education Festival).
  24. Tercapainya pelaksanaan Kegiatan Kelas Inspirasi.
  25. Tercapainya pelaksanaan Kegiatan Meet Parents setiap tahunnya.
  26. Tercapainya pelaksanaan dalam pengadaan dan pemeliharaan sarana dan prasarana penunjang pembelajaran.
  27. Tercapainya pelaksanaan kegiatan supervisi dan pengawasan pembelajaran secara berkesinambungan.
  28. Tercapainya pelaksanaan pengelolaan sekolah berbasis data.


C.2 Terwujudnya siswa yang memiliki keterampilan abad 21

  1. Tercapainya pelaksanaan kegiatan belajar mengajar yang mengembangkan sikap kritis, kreatif, kolaboratif, komunikatif.
  2. Tercapainya pelaksanaan kegiatan belajar mengajar dengan mengintegrasikan literasi dan numerasi.
  3. Tercapainya pelaksanaan kegiatan belajar mengajar dengan menumbuhkan pendidikan karakter yang mandiri, bertanggung jawab, kritis, inovatif, beretika dan sopan santun.
  4. Tercapainya penyusunan dan pelaksanaan Program Podium Widiatmika Merdeka Berbicara (PWMB) pada kegiatan “Afirmasi Pagi”.
  5. Tercapainya pelaksanaan penerapan Bahasa Bali, Bahasa Inggris, dan Bahasa Jepang dalam kegiatan “Afirmasi Pagi” secara efektif.
  6. Tercapainya pelaksanaan kunjungan belajar di luar sekolah melalui program outing class di dalam daerah untuk kelas 7 dan study tour di luar daerah untuk kelas 8.
  7. Tercapainya pelaksanaan kegiatan dan pameran hasil karya Project Bassed School (PjBS) untuk seluruh peserta didik.
  8. Tercapainya pelaksanaan kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS)
  9. Tercapainya pelaksanaan kegiatan Pameran Kewirausahaan Siswa (Students Creative Expo).
  10. Tercapainya pelaksanaan kegiatan Podcast secara konsisten.


C.3 Terwujudnya perilaku siswa yang berkarakter dan berbudi pekerti luhur

  1. Tercapainya pelaksanaan kegiatan keagamaan secara rutin sebagai dasar pembentukkan karakter religius seperti:
  • Berdoa bersama pada saat kegiatan sekolah
  • Mejaya-jaya untuk peserta didik kelas 7
  • Sembahyang saat Purnama dan Tilem
  • Sembahyang bersama dalam pelaksanaan Hari Raya Saraswati
  • Pelaksanaan Sholat Jumat
  • Pelaksanaan perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW
  • Pelaksanaan perayaan Hari Natal
  • Pelaksanaan perayaan Hari Waisak
  • Pelaksanaan perayaan Hari Imlek
  • Pelaksanaan Tirta Yatra
  • Pelaksanaan Kirab Budaya
  • Pelaksanaan kegiatan Bulan Bahasa Bali
  1. Tercapainya pelaksanaan kegiatan yang menumbuhkan karakter nasionalis, integritas, mandiri, dan gotong royong seperti:
  • Pelaksanaan upacara bendera setiap hari Senin dan hari besar nasional
  • Menyanyikan lagu wajib nasional sebelum memulai kegiatan pembelajaran
  • Pelaksanaan kegiatan pembersihan kelas sebelum pulang
  • Pelaksanaan kantin kejujuran
  • Pembinaan kelompok-kelompok organisasi (OSIS, Pramuka, PMR, dan KSPAN)
  • Pelaksanaan Kegiatan hari HIV-AIDS se-dunia
  • Pelaksanaan kegiatan Hari PMI
  • Pelaksanaan kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS)
  • Pelaksanaan kegiatan sosialisasi peraturan sekolah secara lisan dan tulisan
  • Pelaksanaan penegakan disiplin secara berkesinambungan
  • Penyusunan dan pelaksanaan program Widiatmika Bebas Bullying
  • Pemberlakuan sanksi sesuai dengan peraturan yang berlaku
  • Pelaksanaan kegiatan Bakti Sosial
  • Pelaksanaan kegiatan Peringatan Hari Besar Nasional (HUT Kemerdekaan Republik Indonesia, Sumpah Pemuda, Hari Pahlawan, HUT PGRI, Hari Lahir Pancasila, Hari Kartini)
  • Pelaksanaan kegiatan Perkemahan Jumat-Sabtu (Perjusa)
  • Pelaksanaan kegiatan Penyuluhan yang bekerja sama dengan instansi pemerintah (Kepolisian, Puskesmas, BNPB dan BNN)
  • Pelaksanaan kegiatan pemenuhan pembelajaran bagi siswa yang tidak hadir ke sekolah atau tidak mengikuti kegiatan pembelajaran dengan alasan sakit, ijin, dan lain sebagainya
  1. Tercapainya pelaksanaan dalam penataan lingkungan dengan konsep Tri Hita Karana:
  • Terwujudnya tempat beribadah yang menunjang pelaksanaan ibadah keagamaan di lingkungan sekolah
  • Terwujudnya hubungan antar manusia yang harmonis dengan melaksanakan program suka duka bagi warga sekolah
  • Terwujudnya lingkungan belajar yang nyaman, peduli, dan kesetaraan gender dalam proses pembelajaran
  • Terwujudnya penataan lingkungan sekolah yang aman, sejuk, rindang, dan indah (ASRI) dalam menunjang pembelajaran (kebun kelas)
  1. Terwujudnya pendidikan yang mengedepankan nilai-nilai 8 Dimensi Profil Lulusan
  • Tercapainya pelaksanaan kegiatan Kokurikuler untuk seluruh peserta didik sesuai jadwal yang sudah ditetapkan yang dikoordinir oleh Tim Kokurikuler sesuai dengan kesepakatan yang telah ditentukan
  • Tercapainya pelaksanaan kegiatan pengintegrasian nilai Dimensi Profil Lulusan dalam perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan penilaian untuk semua mata pelajaran
  • Tercapainya pelaksanaan kegiatan pengintegrasian nilai Dimensi Profil Lulusan dalam kegiatan pembiasaan rutin sekolah dan budaya sekolah.
  • Tercapainya pelaksanaan kegiatan Jimbaran Education Festival (JEF).
  • Tercapainya pelaksanaan sosialisasi untuk meningkatkan pengalaman peserta didik akan bahaya dan dampak terkait rokok, minuman keras, dan narkoba.

FORMULIR PENDAFTARAN


  • PAUD || Kindergarten

  • SD || Elementary School

  • SMP || Middle School

  • SMA || Senior High School

  • SMK || Vocational School