Visi & Misi
VISI SMP WIDIATMIKA
“Cerdas, Berkarakter berdasarkan Nilai-nilai Profil Pelajar Pancasila”
INDIKATOR VISI :
- Terwujudnya perilaku siswa yang berkarakter dan berbudi pekerti luhur
- Terwujudnya siswa yang berprestasi dalam bidang akademik dan nonakademik
- Terwujudnya siswa yang memiliki keterampilan abad 21
- Terwujudnya pelaksanaan nilai-nilai multikultur yang berlandaskan budaya bangsa
MISI SMP WIDIATMIKA
Misi yang ingin dicapai adalah sebagai berikut.
- Mengacu pada indikator visi nomor 1:
- Melaksanakan kegiatan keagamaan secara rutin sebagai dasar pembentukkan karakter religius seperti:
- Berdoa bersama pada saat kegiatan sekolah
- Sembahyang saat Purnama dan Tilem
- Sembahyang bersama dalam pelaksanaan Hari Raya Saraswati
- Melaksanakan Sholat Jumat
- Melaksanakan perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW
- Melaksanakan perayaan Hari Natal
- Melaksanakan perayaan Hari Waisak
- Melaksanakan Tirta Yatra
- Melaksanakan kegiatan yang menumbuhkan karakter nasionalis, integritas, mandiri, dan gotong royong seperti:
- Melaksanakan upacara bendera setiap hari Senin dan hari besar nasional
- Menyanyikan lagu wajib nasional sebelum memulai kegiatan pembelajaran
- Melaksanakan kegiatan pembersihan kelas sebelum pulang
- Melaksanakan kegiatan budaya literasi
- Melaksanakan kantin kejujuran
- Melaksanakan kegiatan untuk menumbuhkan profil pelajar pancasila yaitu kreatif, bernalar kritis dan berkebinekaan global seperti:
- Melaksanakan kegiatan Project Based School.
- Melaksanakan kegiatan kirab budaya.
- Melaksakan kegiatan EXPO serangkaian kegiatan Gelar Aksi Widiatmika (GAW) untuk mendukung terwujudnya profil pelajar yang berkebinekaan global.
- Pembentukan kelompok-kelompok organisasi (OSIS, Pramuka, PMR, dan KSPAN)
- Mensosialisasikan peraturan sekolah secara lisan dan tulisan
- Melaksanakan penegakan disiplin secara berkesinambungan
- Melaksanakan bimbingan dan konseling secara aktif dan efektif
- Pemberlakuan sanksi sesuai dengan peraturan yang berlaku
- Melaksanakan kegiatan sosial
- Melaksanakan penataan lingkungan dengan konsep Tri Hita Karana:
- Adanya tempat beribadah yang bersih dan nyaman
- Adanya hubungan antarmanusia yang harmonis dengan melaksanakan program suka duka bagi warga sekolah
- Adanya penataan lingkungan yang aman, sejuk, rindang, dan indah (ASRI) serta menumbuhkan budaya peduli lingkungan
- Mengacu pada indikator visi nomor 2:
- Pemenuhan kualifikasi pendidik minimal S1, minimal 20% S2, dan tenaga kependidikan minimal SMA/SMK sederajat
- Melaksanakan review kurikulum secara berkesinambungan
- Melaksanakan dan mengikuti workshop tentang pembelajaran
- Melaksanakan pembelajaran dengan pendekatan konstruktivisme
- Melaksanakan konsep belajar tuntas (Master Based Learning)
- Melaksanakan penilaian autentik (authentic assessment)
- Melaksanakan remidi dan pengayaan secara efektif
- Melaksanakan ekstrakurikuler akademik dan nonakademik
- Melaksanakan pembinaan lomba atau olimpiade akademik (Matematika, IPA, IPS, bahasa dan sastra) secara efektif dan berkesinambungan
- Melaksanakan pembinaan lomba atau olimpiade nonakademik (olahraga dan seni) secara efektif dan berkesinambungan
- Melaksanakan dan atau mengikuti lomba akademik dan atau nonakademik
3. Mengacu pada indikator visi nomor 3
- Melaksanakan kegiatan kokurikuler Sains, Art, Teknologi, dan Entrepreneurship
- Melaksanakan Japanese Day tiap hari Rabu, Bahasa Bali tiap hari Kamis, English Day tiap hari Jumat secara efektif
- Melaksanakan kunjungan belajar di luar sekolah melalui program outing class di dalam daerah untuk kelas 7 dan 9, study tour di luar daerah untuk kelas 8
- Mengacu pada indikator visi nomor 4
- Melaksanakan berbagai lomba adat istiadat nusantara di lingkungan intern sekolah
- Melaksanakan kegiatan kokurikuler keagamaan secara rutin berupa:
- Kegiatan keagamaan Hindu
- Kegiatan keagamaan Islam
- Kegiatan keagamaan Kristen
- Kegiatan keagamaan Katolik
- Kegiatan keagamaan Buddha
- Menggunakan pakaian adat Bali atau pakaian adat nusantara setiap hari Kamis
TUJUAN SEKOLAH
Berdasarkan visi dan misi tersebut di atas adapun tujuan sekolah yang akan dicapai pada tahun pelajaran 2021/2022 adalah sebagai berikut.
1. Terlaksananya kegiatan keagamaan secara rutin sebagai dasar pembentukkan karakter religius seperti:
- Berdoa bersama pada saat kegiatan sekolah
- Sembahyang saat Purnama dan Tilem
- Sembahyang bersama dalam pelaksanaan Hari Raya Saraswati
- Melaksanakan Sholat Jumat
- Melaksanakan perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW
- Melaksanakan perayaan Hari Natal
- Melaksanakan perayaan Hari Waisak
- Melaksanakan Tirta Yatra
2. Terlaksananya kegiatan yang menumbuhkan karakter nasionalis, integritas, mandiri, dan gotong royong seperti:
- Terlaksananya upacara bendera setiap hari Senin dan hari besar nasional
- Menyanyikan lagu wajib nasional sebelum memulai kegiatan pembelajaran
- Terlaksananya kegiatan pembersihan kelas sebelum pulang
- Terlaksananya kegiatan budaya literasi
- Terlaksananya kantin kejujuran
3. Terlaksananya kegiatan untuk menumbuhkan profil pelajar pancasila yaitu kreatif, bernalar kritis dan berkebinekaan global seperti:
- Terlaksananya kegiatan Project Based School.
- Terlaksananya kegiatan kirab budaya.
- Terlaksananya kegiatan EXPO serangkaian kegiatan Gelar Aksi Widiatmika (GAW) untuk mendukung terwujudnya profil pelajar yang berkebinekaan global.
4. Terbentuknya kelompok-kelompok organisasi (OSIS, Pramuka, PMR, dan KSPAN)
5. Terlaksananya sosialisasi peraturan sekolah secara lisan dan tulisan
6. Terlaksananya penegakan disiplin secara berkesinambungan
7. Terlaksananya bimbingan dan konseling secara aktif dan efektif
8. Terlaksananya pemberlakuan sanksi sesuai dengan peraturan yang berlaku
9. Terlaksananya kegiatan sosial
10. Terlaksananya penataan lingkungan dengan konsep Tri Hita Karana:
- Adanya tempat beribadah yang bersih dan nyaman
- Adanya hubungan antarmanusia yang harmonis dengan melaksanakan program suka duka bagi warga sekolah
- Adanya penataan lingkungan yang aman, sejuk, rindang, dan indah (ASRI), peduli lingkungan
11. Terpenuhinya kualifikasi pendidik minimal S1, minimal 20% S2, dan tenaga kependidikan minimal SMA/SMK sederajat
- Terlaksananya review kurikulum secara berkesinambungan
- Terlaksananya dan mengikuti workshop tentang strategi pembelajaran
- Terlaksananya pembelajaran dengan pendekatan konstruktivisme
- Terlaksananya konsep belajar tuntas (Master Based Learning)
- Terlaksananya penilaian autentik (authentic assessment)
- Terlaksananya remidi dan pengayaan secara efektif
- Terlaksananya ekstrakurikuler akademik dan nonakademik
- Terlaksananya pembinaan lomba atau olimpiade akademik (Matematika, IPA, IPS, bahasa dan sastra) secara efektif dan berkesinambungan
- Terlaksananya pembinaan lomba atau olimpiade nonakademik (olahraga dan seni) secara efektif dan berkesinambungan
- Terlaksananya dan atau mengikuti lomba akademik dan atau nonakademik
- Terlaksananya kegiatan kokurikuler Sains, Art, Teknologi, dan Entrepreneurship
- Terlaksananya Japanese Day tiap hari Rabu, Bahasa Bali tiap hari Kamis, English Day tiap hari Jumat secara efektif
- Terlaksananya kunjungan belajar di luar sekolah melalui program outing class di dalam daerah untuk kelas 7 dan 9, study tour di luar daerah untuk kelas 8
- Terlaksananya berbagai lomba adat istiadat nusantara di lingkungan intern sekolah
- Terlaksananya kegiatan kokurikuler keagamaan secara rutin berupa:
- Kegiatan seni dan budaya Hindu
- Kegiatan seni dan budaya Islam
- Kegiatan seni dan budaya Kristen
- Kegiatan seni dan budaya Buddha
27. Terlaksananya penggunaan pakaian adat Bali atau pakaian adat nusantara setiap hari Kamis